Perusahaan Besar Ini Bisa Mengetahui Privasi Kalian


Melindungi data pribadi sangat penting agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, meskipun ada sedikit orang yang tidak terlalu penting dengan privasinya.
Berikut 3 perusahaan besar ini yang bisa mengetahui privasi kalian.
Yang telah saya dapatkan infonya.

Google

Google tau kamu pernah kemana saja.


Jika kamu menyalakan tracking location di ponselmu, kamu bisa melihat linimasa dimanapun kamu pernah berada, mulai dari hari pertama kamu menggunakan Google di ponselmu, dan Google menyimpan data tersebut.
Untuk mengecek nya, kamu bisa lihat pada link yang ada dibawah ini. https://www.google.com/maps/timeline?pb

Google menyimpan informasi tiap aplikasi yang kamu pakai.


Google bisa tahu seberapa sering kamu memakai aplikasi tersebut, dimana kamu menggunakannya, dengan siapa kamu berinteraksi melalui aplikasi tersebut, dan dengan orang dari negara mana kamu berinteraksi, bahkan bisa tahu jam tidurmu. Dan akses data informasi dari aplikasi games pun bisa diolah.
Untuk mengecek nya, kamu bisa lihat pada link yang ada dibawah ini. https://myaccount.google.com/permissions?pli=1

Google membuat iklan berdasarkan riwayatmu.


Google membuat iklan berdasarkan semua informasimu meliputi lokasi, jenis kelamin, hobi, karir, ketertarikan, status hubungan, penghasilan, apa aja yang pernah kamu cari, bahkan berat badanmu. Data ini juga yang dipakai pengiklan digital agar pemasaran produknya tepat sasaran.
Untuk mengecek nya, kamu bisa lihat pada link yang ada dibawah ini. https://adssettings.google.com/authenticated

Google tahu apa saja yang kamu pernah cari dan hapus


Tahukah kamu, ketika memasukkan keyword ke mesin pencarian Google, mereka menyimpan data apa saja yang kamu cari, bahkan sudah terintegrasi dengan semua gawai yang kamu punya. Misalnya, kamu habis search di ponsel, pencarian itu juga muncul di komputermu. Bahkan kalau histori pencarian itu sudah kamu delete, datanya masih tersimpan. (Termasuk Youtube)
Untuk mengecek nya, kamu bisa lihat pada link yang ada dibawah ini.
https://myactivity.google.com/myactivity

Datamu yang disimpan Google


Google menawarkan pilihan untuk mengunduh semua data yang mereka simpan tentangmu. Data-data ini bisa diunduh dalam bentuk file word dan ukurannya besar sekitar. Dari mana datanya? Data yang seperti sudah dijelaskan diatas. Termasuk juga bookmark, email, file Google Drive, video YouTube, foto dari ponselmu, bisnis yang kamu beli, produk yang kamu beli, kalender, riwayat lokasi, situs web yang kamu buat, page atau tulisan yang pernah di share.
Untuk mengecek nya, kamu bisa lihat pada link yang ada dibawah ini. https://takeout.google.com/settings/takeout

Facebook


Facebook Juga Hampir Sama Seperti Google.


Facebook juga memberi piihan untuk mendownload semua data dan informasimu. Ini semua termasuk setiap pesan yang pernah kamu kirim, Facebook Messenger, file yang kamu kirim, kontak dari ponselmu dan audio yang pernah kamu kirim. Parahnya, Facebook bisa akses webcam dan mikroponmu. Data yang mereka kumpulkan juga termasuk dimana kamu berada, aplikasi yang kamu install dan dimana serta buat apa kamu menggunakannya. Facebook juga bisa akses email, kalender, games yang kamu pake, foto video, music, histori pencarian, dan apa saja yang kamu buka selain facebook
https://www.facebook.com/help/131112897028467

Dari informasi yang saya dapat, Data tersebut dapat diketahui jika kamu menggunakan produk / aplikasi buatan perusahaan tersebut, contohnya google: jika kamu menggunakan android maka google akan tau informasi mu, termasuk aplikasi ataupun produk yang dibuat oleh google. Dan facebook pun juga demikian.

Lantas bagaimana dengan Microsoft?

Windows 10


Beberapa tahun yang lalu banyaknya pengguna Windows 10 yang merasa tidak aman dengan privasinya, karena windows 10 dapat memata-mati penggunanya yang dapat menggambil informasi pribadi pengguna, jika kamu menggunakan windows 10 mungkin kamu salah satunya. Hingga akhirnya pihak microsoft menjelaskan terkait hal tersebut, Pihak microsoft menjelaskan bahwa yang mereka lakukan tersebut bukan dalam hal memata-matai penggunanya. Mereka memang menyimpan data namun bersifat anonim. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang Microsoft sudah menjelaskan bagaimana cara mereka dalam mengumpulkan penggunaan data dari setiap user. Pernyataan kebijakan privasi Microsoft dapat kamu baca pada link di bawah ini.
Blog Windows
Privacy Microsoft

namun, bagi kalian yang merasa privasi kalian sangat penting, kalian dapat menonaktifkan beberapa fitur di windows 10 yang bisa mengambil info usage secara otomatis untuk dikirim ke server microsoft. Dan cara menonaktifkan fiturnya, akan saya berikan caranya pada postingan selanjutnya.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Berikan komentar anda sesuai Topic yang ada.