Cara Mengatasi Status HTTPS SSL Masih Info atau Tidak Aman (Not Secure)

Cara Mengatasi Status HTTPS SSL Masih Info atau Tidak Aman (Not Secure) - Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel yang berhubungan dengan SSL di domain. Da sebelumnnya juga saya telah membuat artikel tentang 'Cara Memasang HTTPS SSL Domain di Blogger' buat kalian yang belum pasang SSL bisa di baca dulu artikel saya itu, dan artikel yang lainnya juga.

Beberapa waktu lalu saya mengalami masalah pada blog saya ini, karena saya telah memasang SSL pada blog ini, akan tetapi status masih (Info atau Tidak aman) bergambar ' huruf 'i' yang dilingkari', walapun blog saya sudah redirect ke https , bukan http lagi (*lihat gambar di bawah). Hingga akhirnya saya cari-cari masalah tersebut, namun tidak saya temukan *mungkin karena saya-nya yang tidak bisa mencari dengan keyword yang tepat.
Tapi saya telah temukan masalahnya di forum luar, dan saya buatlah artikelnya ini.

Sebelum melanjut ke artikel, saya akan menjelaskan sedikit tentang status SSL tersebut yang biasanya terdapat pada web / blog kalian.

Berikut gambarannya.
  • Kunci Aman
  • Informasi Info atau Tidak aman
  • Berbahaya Tidak aman atau Berbahaya
- Gembok hijau artinya web kalian aman dan sudah terpasang/install SSL pada web kalian.
- Gambar 'i' ada kemungkinan web kalian sudah di pasang SSL, tapi orang masih membukanya dalam HTTP, dan tidak di alihkan/redirect ke HTTPS, dan bisa juga kalian sudah memasang/menginstall SSL, dan juga sudah mengaktifkan pengalihan/redirect ke HTTPS, tapi masih berstatus tersebut. Disinilah saya akan memberikan caranya.
- Warning merah biasanya webnya tidak aman, ada juga yang memiliki malware, jadi biasanya para pengunjung yang membuka web tersebut akan diberitahukan, atau di block oleh chrome, dan google menyarankan untuk menghindari web tersebut.

Seperti yang blog saya pernah alami.


https yang tidak aman masih berwarna hitam pudar, sedangkan https yang sudah aman berwarna hijau dan ada gambar gembok + tulisan aman / secure.

Cara ini saya hanya untuk di blogger, klo self host sendiri saya kurang tau, mungkin yang self host jarang ngalamin hal ini.
Untuk cara agar SSL kalian aman ketika sudah memasang/menginstall SSL, berikut caranya:
1. Buka web / blog kalian
2. Klik kanan > Inspect Element > Console
atau CTRL + Shift + J
3. lihat, nanti akan muncul pesan kesalahan url yang masih memiliki http
*tidak ada gambar karena blog saya, sudah di fixkan.

4. login ke blogger
5. pilih tema / themes > Edit HTML
6. cari url tersebut yang error 'http'
7. lalu ubah dari http menjadi 'https'
Simpan, dan cek blognya.

Jika masih mengalami, kalian cari semua url yang masih menggunakan http, dan ubah menjadi 'https'
masih mengalami hal yang sama, kemungkinan url yang menggunakan http berada pada postingan artikel kalian, kalian cari dan ganti dengan https.

Masih tidak ada perubahan? mungkin, kalian kurang ganteng,
tapi biasanya edit di html aja udah bisa, buktinya saya, hanya edit di html, mengganti semua http menjadi https, dan berhasil.

sekian, dari artikel saya ini tentang Cara Mengatasi Status HTTPS SSL Masih Info atau Tidak Aman (Not Secure). jika masih ada yang dibingungkan silahkan komen dibawah.
jika mengalami blog yang menjadi error,atau rusakny tampilan, itu diluar tanggung jawab saya.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

2 komentar:

Berikan komentar anda sesuai Topic yang ada.