INFJ, Si Kepribadian Paling Langka

INFJ

 
Kepribadian INFJ merupakan singkatan dari kata Introverted, Intuitive, Feeling, Judging. INFJ kerap dijuluki sebagai 'The Advocate' atau 'Sang Penasihat'. Disebut demikian karena orang yang mempunyai kepribadian INFJ biasanya suka membantu, suportif, dan sangat peka terhadap perasaan orang lain. Tercatat hanya 1-3% orang yang memiliki kepribadian INFJ. Oprah Winfrey, Taylor Swift, dan Martin Luther King Jr merupakan artis yang ternyata memiliki kepribadian INFJ.


Kenapa disebut INFJ?

Introversion artinya orang dengan kepribadian ini cenderung mempunyai sifat introvert, sehingga memerlukan waktu sendiri untuk mengisi kembali energinya. Sementara itu intuisi atau intuition artinya orang tersebut lebih senang memperhatikan pola dan garis besar dari suatu hal dibanding detail teknisnya. Sifat intuitionnya juga membuat para INFJ senang memikirkan tentang kemungkinan, berimajinasi soal masa depan, dan berdiskusi soal teori-teori abstrak. Kepribadian feeling pada INFJ menunjukan bahwa mereka mempertimbangkan perasaan dan emosi diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka, daripada hal-hal logis, ketika membuat keputusan dan tidak personal.


Terakhir, kepribadian judging pada INFJ menunjukkan cara seseorang berinteraksi dengan dunia atau orang-orang di sekitarnya. Orang dengan kepribadian ini lebih menyukai hal-hal yang terstruktur dan komprehensif saat mengambil keputusan. Namun dibalik itu semua, INFJ memiliki beberapa fakta yang unik dan juga mengejutkan.


Berikut adalah fakta mengenai kepribadian INFJ:

1. Kepribadian INFJ suka berpikir lebih dalam


Pemikir dalam

Orang dengan tipe kepribadian INFJ suka menemukan makna dan mendalami makna suatu hubungan. Ketika seseorang membuat keputusan atau melakukan sesuatu dan tidak puas dengan penampilannya, orang dengan kepribadian INFJ lebih memilih alasan yang lebih dalam.


2. Introvert yang bukan berarti penyendiri


penyendiri

INFJ sendiri merupakan introvert. Namun bukan berarti mereka selalu menyendiri atau hidup sendiri. Mereka dapat membangun hubungan yang kuat dengan orang di sekitarnya serta membantu orang lain. Hanya saja ketika mereka kekurangan energi, mereka suka menikmati me time untuk mengisi ulang energi mereka.


3. Berada pada gelombang yang berbeda


berbeda

INFJ kerap dianggap asing oleh orang lain. Karena INFJ sendiri memiliki dua sisi yang berlawanan pada diri mereka, yakni tertutup dan juga berorientasi pada orang lain. Kaum INFJ sendiri sangat sulit dimengerti oleh orang-orang sekitarnya. Mereka sendiri pun tidak tahu pada kepribadian mereka sendiri. Alhasil INFJ sering merasa terasingkan dan salah memahami mereka.


4. Emosional dan rasional dalam waktu bersamaan


emosional

Dua hal tersebut membuat INFJ begitu istimewa. Dalam tes kepribadian MBTI, INFJ punya kepribadian yang hampir sama dengan INTJ. Bedanya hanya INTJ lebih menggunakan pikiran (thinking) dibandingkan dengan perasaan (feeling).


5. Sering bertepuk sebelah tangan


Pendengar

INFJ dikenal sebagai pendengar yang hebat. Mereka bahkan mampu menciptakan keterikatan emosi yang mendalam pada orang lain. Dalam artian INFJ juga sering bertepuk sebelah tangan karena lebih sering memberi lebih banyak dibandingkan dengan apa yang mereka terima. Contohnya seperti, INFJ selalu menjadi pendengar bagi orang lain namun mereka sulit didengar oleh orang lain.


6. Sensitif pada konflik


sensitif

INFJ selalu berusaha membangun hubungan yang baik dengan orang di sekitarnya, sehingga adanya perdebatan atau pertengkaran kerap membuat mereka merasa tertekan. INFJ akan mengalami gejala seperti sulit tidur, sakit perut, hingga sakit kepala saat bertengkah dengan orang yang ia rasa dekat dengan dirinya. Namun bukan berarti orang yang memiliki kepribadian ini, harus menghindari konflik seterusnya.


7. Merasa dilahirkan untuk hal yang luar biasa


luar biasa

Para INFJ sering kali memikirkan bahwa mereka ditakdirkan untuk mengubah dunia menjadi agar lebih baik. Namun masalahnya, banyak yang 'tersesat', tidak tahu bagaimana cara mengubah dunia atau mengangggap diri mereka tidak memiliki kemampuan yang sepadan untuk melakukan hal itu.


8. Pemimpi


pemimpi

Dan yang terakhir adalah pemimpi. Saat semua orang sibuk dengan membicarakan tentang selebriti atau hal-hal yang panas lainnya, INFJ lebih suka memikirkan hal-hal yang berbau perjalan waktu, arti dari kehidupan, dan juga hal-hal yang luar biasa lainnya. Namun pada umumnya orang-orang yang memiliki kepribadian INFJ sering kali tidak menceritakan hal-hal yang terlintas pada pikiran mereka. Mereka menganggap bahwa orang lain tidak akan tertarik kepada hal-hal yang dipikirkan oleh INFJ.


Itulah pengertian dan juga fakta menarik sekaligus mengejutkan mengenai INFJ. Bagi kalian yang memiliki kepribadian seperti itu harus merasa istimewa karena kalian berbeda dengan banyak orang di dunia ini. Jika kalian belum mengetahui tipe kepribadian kalian, bisa cek saja di Google Test MBTI secara online.

Author : Bitana
Referensi :
https://www.alodokter.com/mengenal-kepribadian-infj-sosok-introvert-yang-idealis#:~:text=Kepribadian%20INFJ%2C%20yaitu%20Introverted%2C%20Intuitive,peka%20terhadap%20perasaan%20orang%20lain
https://www.sehatq.com/artikel/apa-kepribadian-mbti-paling-langka-ini-9-faktanya
https://id-velopedia.velo.com/10-karakteristik-infj-tipe-paling-langka-dalam-tes-kepribadian-mbti/
https://www.brilio.net/creator/ini-dia-ciri-ciri-kalau-kamu-adalah-seorang-infj-orang-dengan-kepribadian-langka-di-dunia-041793.html

Personal Blog.

Berikan komentar anda sesuai Topik yang ada.