4 Software Gratis Untuk Editing Video


Buat kalian yang suka sekali dengan editing video untuk project video wedding, atau acara sekolah, tugas sekolah, kegiatan kampus, ataupun untuk para youtube yang membutuhkan aplikasi / software untuk edit video.
Diartikel kali ini saya akan membagikan software untuk edit video atau editing video software, yang tentunya open source alias gratis tanpa harus membayar. Software edit video ini banyak memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dari yang berbayar.

Software ini bisa kalian gunakan di sistem operasi windows, kalau untuk linux saya belum tau bisa atau tidak, sedangkan mac sepertinya bisa atau kalian bisa cek sendiri pada websitenya.

Langsung saja simak dibawah ini.

4. VSDC



VSDC menyediakan alat pengeditan video non-linear gratis yang memungkinkan pengguna untuk melakukan adegan dalam posisi apa pun di timeline. Berbeda dengan editor gratis lainnya karena aplikasi ini menawarkan beberapa efek visual dan audio yang dapat diterapkan dari berbagai kategori seperti, koreksi warna, transformasi objek, filter, efek transisi, dan fx khusus.
VSDC juga menyediakan mode pencampuran dan filter yang mirip dengan filter Instagram. Aplikasi ini juga bisa mengekspor video ke resolusi 4K dan HD.

Untuk mengunduhnya kalian bisa langsung menuju link websitenya VSDC

3. Lightworks



Lightworks adalah pilihan populer bagi banyak orang dan sebagai salah satu aplikasi editor video tertua dan termaju. Software ini banyak fitur, dengan user-firendly interface yang tampak unik daripada editor video lainnya.
Lightworks mendukung semua sistem operasi utama, termasuk Windows, Linux dan MacOS X. Versi gratisnya mencakup dukungan multicam dan ekspor hingga 720p. Lightworks juga menawarkan versi berbayar dengan fitur-fitur canggih dan lengkap.

Untuk mengunduhnya kalian bisa langsung menuju link websitenya Lightworks

2. Shotcut



Shotcut menyediakan software editor video open source atau gratis. Dan mendukung berbagai format video dan hingga resolusi 4K.
Aplikasi ini menawarkan pengeditan timeline asli seperti impor video yang tidak diperlukan, yang sangat bermanfaat ketika mengedit file video berukuran besar.
Ada beberapa fitur lanjutan yang biasanya tidak dapat ditemukan dalam versi video editor gratis lainnya.
Shotcut juga tersedia pada sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

Untuk mengunduhnya kalian bisa langsung menuju link websitenya Shotcut

1. Hitfilm Express



Hitfilm Express memiliki tampilan yang tampak profesional seperti editor video berbayar, dan ini bisa didapatkan secara gratis. Software ini mencakup berbagai fitur dan lebih dari 400 special effects.
Fitur termasuk Composite 2D dan 3D, green screen efek, layers dan masking dan cut tools.
Software ini juga menyediakan tutorial rinci yang cenderung didasarkan pada film-film Hollywood. Hitfilm Express memiliki menu upload ke YouTube agar lebih mudah, baik untuk para pembuat film, YouTube vloggers ataupun lainnya.
Hitfilm Express tersedia pada sistem operasi Windows dan Mac.

Untuk mengunduhnya kalian bisa langsung menuju link websitenya Hitfilm Express

Itulah beberapa software untuk mengedit video bagi kalian yang suka dengan dunia editing ataupun perfilman. Untuk penggunaan software atau tutorialnya, kalian bisa cari sendiri di google.
Terhitung dari tanggal dipubliskannya artikel ini, software tersebut masih bersifat open source, jadi gak tau kalau tahun depan berbayar atau tidak.

Buat kalian yang ada kritik/saran mengenai artikel ini, bisa langsung meninggalkan jejak di kolom komentar, terimakasih.

Personal Blog.

Berikan komentar anda sesuai Topik yang ada.