PENGERTIAN STRES


Apa itu stres?
Pernahkah anda mengalami stres?
Jika iya, seberapa seringkah anda mengalaminya?
Apakah stres bisa menjadi suatu hal yang bernilai positif?
Mari bahas mengenai stres...

Kata stres tentu sudah sangat sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa definisi sebenarnya dari kata stres itu sendiri?

Stres merupakan suatu kondisi jiwa dan raga, fisik dan psikis seseorang yang tidak dapat berfungsi secara normal. Stress juga dapat terjadi setiap saat terhadap seseorang tanpa mengenal jenis kelamin. Usia seseorang dalam rentangan juga bukan menjadi sebuah klasifikasi stres. Kedudukan dan jabatan turut menyumbang keberadaan stres dalam kehidupan seseorang. Bahkan status sosial ekonomi juga dapat memicu seseorang mengalami stres dalam kehidupannya. (Abdullah, 2007)

Pengertian diatas saya rasa sudah cukup untuk memperkenalkan apa itu stres, yekaan, hehe..
Baiklah, mari kita bahas lebih lanjut secara singkat dengan bahasa yang lebih sederhana apa itu pengertian stres. Jadi, stres merupakan suatu kondisi yang terjadi pada seseorang, baik itu anak kecil, remaja, dewasa, ataupun usia senja, atau dapat dikatakan bahwa stres menyerang tanpa pandang usia seseorang, siapapun dan berapapun umurnya pasti dapat mengalaminya. Stres pun tidak mengenal jenis kelamin, yang artinya laki-laki maupun perempuan pasti bisa terkena gangguan ini.

Stres tersebut dapat mengganggu kondisi fisik maupun psikis seseorang. Orang yang sedang mengalami stres, segala bentuk prilaku kehidupannya tentu akan terlihat tak seperti orang normal pada umumnya. Orang yang sedang mengalami stres cenderung berprilaku aneh, seperti lebih banyak murung, mudah tersinggung, mudah marah, dan masih banyak prilaku negatif lainnya.

Lalu, pernahkan anda mengalami stres? Tentu pernah, bukan?! Ya karna saya rasa orang² remaja atau dewasa seperti anda pasti sudah terbiasa mengalami hal ini, hehe.

Tapi, pertanyaan lainnya adalah, seberapa sering anda mengalami stres?
Cukup sering/terkadang atau kah sangat sering?

Seberapa sering anda mengalami stres sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan diri anda, baik itu secara psikis atau pun fisik. Semakin sering anda mengalami stres maka akan semakin kurang baik pula perkembangan psikis maupun fisik anda, jangan sampai ya, hehe..

Eits, tunggu dulu, bagi sebagian orang, seberapa sering pun mereka mengalami stres, justru mereka malah menjadi orang² yang luar biasa hebat. Loh, kok bisa? Bukannya kondisi mereka justru malah semakin memburuk, ya?! Yak, betul, bagi sebagiannya lagi kondisi mereka akan semakin memburuk bila mengalami stres yang berlarut-larut. Lalu, mengapa bisa demikian?! Yuk kita bahas disini.

Stres, bagi sebagian orang bisa dikelola menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat atau dapat dikatakan bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai positif bagi dirinya. Tentunya, hal ini berkaitan dengan kuat lemahnya mental orang tersebut. Jika dia memiliki mental yang kuat dan sangat kuat, maka dipastikan dia mampu merubah nilai negatif dari stres tersebut menjadi suatu nilai yang positif bagi dirinya.

Bagimana caranya? Ketika mereka mengalami stres, mereka tidak akan berlarut-larut dalam kondisinya tersebut, mereka akan segera mencari apa penyebabnya, setelah ditemukan, mereka akan mencari bagimana solusinya, setelah ditemukan, mereka akan melakukannya dengan penuh keyakinan. Disinilah mereka dipastikan akan berhasil menyelesaikan permasalahan yang menyebabkan stresnya itu.

Setelah berhasil, dia akan instropeksi diri, memperbaiki dirinya supaya menjadi lebih baik. Biasanya, semangat mereka untuk melangkah kedepan akan semakin bersemangat dibandingkan dengan sebelumnya.

Nah, sperti itulah teman² semua, bahwa stres merupakan suatu kondisi yang merugikan seseorang, dan sudah dipastikan semua orang pasti pernah mengalami stres. Karna stres tidak memandang jenis kelamin atau pun usia. Stres yang berkepanjangan dapat berpengaruh terhadap perkembangan psikis dan fisik seseorang. Namun, bagi sebagian orang, nilai negatif dari stres dapat mereka kelola dengan baik sehingga dapat menjadi suatu hal yang bernilai positif bagi perkembangan dirinya.

Apabila ada kesalahan silahkan diingatkan di kolom komentar, semoga bermanfaat.. Terimakasih :)
[etheses uin malang]

Personal Blog.

Berikan komentar anda sesuai Topik yang ada.